Jumat, 30 Oktober 2015

Menelusuri Keindahan Pantai di Pulau Banyak


sumber: google.com
Pemandangan pantai di Pulau Banyak

Tepat di sebelah tenggara Provinsi Aceh terdapat sebuah kepulauan yang menyimpan keindahan panorama pantai. Keeksotisan pantai-pantai di kepulauan yang berhiaskan pasir putih tersebut benar-benar mampu menawan setiap mata yang menatapnya. Nuansa alami pantai menjadi alasan mengapa pantai tersebut terlihat begitu menakjubkan.

Di Provinsi Aceh, tepatnya di Kabupaten Aceh Singkil terdapat gugusan pulau-pulau kecil bernama Pulau Banyak. Pulau Banyak terdiri dari gugusan pulau-pulau yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia sekaligus merupakan pulau yang berada di ujung sebelah barat Pulau Sumatra. Terdapat sekitar 99 pulau di gugus Pulau Banyak yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi objek wisata. Keindahan alam bawah laut serta penyu hijau menjadi aset Pulau Banyak yang tiada duanya di Indonesia.

Pulau Banyak memiliki laut yang luas dengan keindahannya yang sungguh menawan. Selain itu, pantai-pantai di Pulau Banyak pun begitu indah, berhiaskan pasir putih dan pepohonan kelapa dengan nuansanya yang masih sangat alami. Air lautnya yang jernih terlihat sangat menggugah keinginan untuk menyelaminya, menelusuri setiap jengkal pemandangan bawah lautnya yang menawan. Belum lagi pemandangan sunset yang menggiurkan untuk dinantikan di pulau ini.

Kegiatan  yang Dilakukan Para Wisatawan

Dengan didukung oleh keindahan alam bawah laut yang memukau, maka kegiatan snorkeling sangat cocok dilakukan di sekitar Pulau Banyak ini. Lautnya yang menyimpan pemandangan terumbu karang indah dengan airnya yang jernih menjadi agenda wajib bagi para wisatawan untuk menjelajahinya. Kegiatan snorkeling dapat dilakukan dengan dua cara yang bergantung pada kedalaman laut. Yang pertama, di bagian laut yang dangkal kegiatan snorkeling dapat dilaksanakan dengan menggunakan perahu yang bagian dasarnya terbuat dari kaca tembus pandang sehingga akan tampak pemandangan dasar laut. Yanng kedua, di bagian laut yang agak dalam yang tidak dapat dijangkau dengan perahu diharuskan menggunakan peralatan Scuba Diving.

Kegiatan lain yang dapat dilakukan di Pulau Banyak adalah Wisata Penjelajahan (Adventure). Kegiatan tersebut dapat dilakukan di Pulau Tuangku. Di pulau tersebut para wisatawan akan menjelajahi hutan-hutan dan akan menjumpai hewan-hewan seperti Kancil, Beo Nias, Babi Hutan, Kupu-kupu, sampai Buaya Muara (Crocodylus Porosus). Selain itu wisatawan juga dapat mengunjungi Goa Kelelawar dan Goa Sarang Burung Walet. Selain itu, di ujung Slingkar bagian utara Pulau Tuangku, tepatnya di Pulau Bangkaru terdapat 12 titik ombak yang cukup panjang dengan ketinggian sekitar 6 meter sehingga cocok untuk kegiatan surfing.


Akses Menuju Pulau Banyak

Untuk menuju ke Pulau Banyak, akses terbaik yang dapat ditempuh adalah melalui Kota Medan. Dari Kota Medan perjalanan diteruskan menggunakan travel menuju Kota Singkil yang memakan waktu sekitar 8 jam. Dari Kota Singkil menuju Pulau Banyak dapat ditempuh menggunakan kapal tradisional atau dengan menaiki kapal ferry melalui Pelabuhan Jembatan Tinggi.
 
sumber: google.com
Peta letak Gugusan Pulau Banyak

Penginapan di Pulau Banyak

Untuk para wisatawan yang datang ke Pulau Banyak, ada beberapa opsi untuk menginap. Ada beberapa penginapan yang tersedia, terutama di Pulau Balai yang merupakan ibu kota kecamatan. Tentunya dengan harga yang relatif terjangkau namun pelayanan dan fasilitasnya tetap nyaman dan memadahi.

Jika ingin suasana yang lebih pribasi, para wisatawan juga dapat menyewa resort, tentunya dengan harga yang lebih mahal. Atau jika ingin menikmati kealamian pulau, para wisatawan juga dapat mendirikan tenda di pulau-pulau yang tak berpenghuni.


0 komentar:

Posting Komentar