Kamis, 05 November 2015

Meneropong Pemandangan Aceh Tengah Melalui Puncak Pantan Terong

 
sumber: google.com
Pemandandangan yang tampak dari atas puncak Pantan Terong

Alam tak pernah habis-habisnya menyuguhkan pemandangan indah. Setiap tempat selalu menyimpan keindahannya masing-masing beserta segala potensinya yang tersembunyi. Setiap yang indah akan semakin indah bila diteropong melalui tempat yang tepat. Misalnya saja dengan menaiki suatu bukit, maka akan tampaklah hamparan pemandangan indah yang menghijau berhiaskan kilau lautan yang membiru.

Di Kabupaten Aceh Tengah, tepatnya di Takengon Kecamatan Bebesen terdapat bukit yang bernama Dataran Tinggi Gayo yang merupakan salah satu bagian dari pungggung Bukit Barisan yang membentang sepanjang Pulau Sumatra. Di Dataran Tinggi Gayo tersebut terdapat puncak yang dinamakan Pantan Terong. Dari puncak Pantan Terong inilah para wisatawan dapat meneropong keindahan alam Aceh Tengah yang sangat indah.

Dari puncak Pantan Terong, para wisatawan dapat menikmati pemandangan yang sangat mempesona. Mulai dari pantai-pantai di Banda Aceh, daratan-daratan yang menghijau, ningga danau laut tawar yang airnya membiru di tengah hijaunya alam. Pemandangan Kota Takengon juga nampak jelas dilihat dari puncak Pantan Terong. Selain itu akan tampak pula lapangan Pacuan Kuda Belang Bebangka di Kecamatan Pegasing, bandar udara Rembele di Simpang Tiga Redelong yang berhiaskan deretan Bukit Barisan yang memukau.

Fasilitas

Dengan ketinggian sekitar 1830 mdpl tentu saja membuat suhu udara di Pantan Terong terasa dingin dan sejuk. Ada baiknya bila berkunjung kemari mengenakan pakaian yang lebih tertutup.

Fasilitas yang ditawarkan di Pantan Terong sudah cukup memadai. Selain lokasi tempat melihat sudah dilengkapi dengan pengaman berupa pagar, di Pantan Terong juga desediakan mushala, rumah panggung, dan kafe untuk sekadar menikmati kopi. Biaya masuk di Pantan Terong juga relatif terjangkau.

Kegiatan

Tak hanya menikmati pemandangan Aceh Tengah saja yang ditawarkan Pantan Terong untuk dinikmati para wisatawan. Di Pantan Terong juga disediakan fasilitas untuk melakukan terbang layang (gantole). Tentu saja akan lebih seru bila menikmati peandangan sambil terbang di ketinggian 1830 mdpl. Selain itu, puncak Pantan terong juga menjadi spot yang tepat untuk digunakan sebagai tempat menanti sunrise dan sunset. Tentu saja pemandangan sunrise dan sunset tersebut tak kalah indahnya dengan pemandangan yang dilihat dari pantai.

Akses

Akses menuju Pantan Terong cukup mudah sebab jalanannya sudah sangat mumpuni. Hanya saja, wisatawan yang hendak menuju ke sana diharuskan memperhatikan kelaikkan kendaraan sebab medan menuju Pantan Terong terdapat banyak tanjakan yang cukup terjal. Selain itu, menuju ke Pantan Terong hanya dapat diakses menggunakan kndaraan pribadi.

Saran

Mengingat ketinggian puncak Pantan Terong yang mencapai 1830 mdpl, diharapkan para wisatawan mengenakan pakaian yang dapat menghangatkan tubuh. Ketika hendak berangkat, periksalah terlebih dahulu keondisi kendaraan mengingat medannya yang cukup menantang. Jangan lupa membawa kamera, sebab puncak Pantan Terong merupakan spot yang sangat tepat untuk mengabadikan momen. Tentu saja, jagalah selalu kebersihan puncak Pantan Terong agar senantiasa lestari.

0 komentar:

Posting Komentar