Jumat, 16 Oktober 2015

Pesona Keunikan Pantai Banyu Tibo Pacitan


Pacitan merupakan surga wisata yang menyimpan keelokan tersendiri di wilayah Jawa Timur. Mengingat wilayah geografisnya, Pacitan memiliki pantai-pantai indah yang wajib dikunjungi.

Kabupaten Pacitan yang berprovinsi di Jawa Timur secara geografis wilayahnya adalah pegunungan kapur yang merupakan bagian rangkaian dari Pegunungan Kidul. Mengingat letak geografisnya yang sebagian wilayahnya adalah pegunungan kapur, maka dapat disimpulkan bahwa tanah tersebut kurang cocok untuk sektor pertanian, terutama padi. Maka dipilihlah singkong atau ketela pohon sebagai alternatifnya.

Namun demikian, dari segi pariwisata Kabupaten Pacitan ini memiliki pesona yang luar biasa. Berada di rangkaian Pegunungan Kidul membuat Pacitan menyimpan pesona alam yang luar biasa, terutama pantai. Salah satu pantai yang ada di Pacitan adalah Pantai Banyu Tibo.

Pantai Banyu Tibo Pacitan terletak di desa Widoro, Kecamatan Donorojo yang merupakan perbatasan Jawa Tengah dengan Jawa Timur. Akses menuju pantai juga sedah bagus, dengan kapasitas kendaraan roda empat bisa masuk area pantai.


Pemandangan Pantai Banyu Tibo Pacitan (sumber: pacitanku.com)

Pantai Banyu Tibo merupakan wisata pantai di Pacitan yang sangat menarik dan indah. Pantai berpasir putih dan berhiaskan bebatuan karang ini merupakan keindahan yang tiada duanya. Ombak yang menghantam karang menjadi ketertarikan tersendiri bagi para pengunjung.

Yang unik dari Pantai Banyu Tibo Pacitan ini adalah adanya air terjun yang berada di pinggir pantai.  Tingginya sekitar satu meter dan kucuran airnya lagsung jatuh ke pantai selatan. Itulah mengapa pantai tersebut diberi nama Pantai Banyu Tibo yang dalam Bahasa Jawa memiliki arti air yang jatuh. Sementara itu, di sepanjang pantai dipagari bebatuan karang yang akan menambah keelokan pemandangan pantai.
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar