Rabu, 28 Oktober 2015

Menikmati Keindahan Pantai Gapang di Pulau Sabang

sumber: google.com
Nuansa Pantai Gapang yang tampak masih sangat alami

Kota Sabang yang berada di Pulau Weh, Aceh, merupakan pintu gerbang bagi keindahan alam nusantara. Di belahan Indonesia paling barat tersebutlah dapat ditemukan pemandangan yang luar biasa dengan nuansa yang masih sangat alami. Penampakan alam di Pulau Weh seolah menjadi sambutan hangat bagi para wisatawan terhadap keindahan surgawi alam Indonesia.


Pulau Weh yang terletak di Provinsi Aceh merupakan Pulau yang letaknya paling barat di Indonesia. Berada di Laut Andaman dan berbatas dengan Teluk Benggala dan Samudra Hindia telah membuat paduan yang luar biasa sehingga membuat pantai-pantai yang berada di pulau ini nampak meakjubkan dan menawarkan keindahan yang luar biasa.

Salah satu pantai di Pulau Weh yang ramai dikunjungi wisatawan adalah Pantai Gapang yang terletak tak jauh dari Pantai Iboih dan Pulau Rubiah. Pantai Gapang ini masih terlihat sangat alami. Pasir putih menghiasi sepanjang bibir pantainya. Selain itu, di atas pasir putihnya terdapat serpihan karang yang menambah kecantikan pantai. Selain itu, air di Pantai Gapang juga jernih, kemudian diteruskan dengan hamparan lautan yang membiru. Sungguh pembandangan Pantai Gapang yang masih alami tersebut dapat memanjakan mata dan melepas segala penat.

Nama Pantai Gapang diambil dari nama pohon yang tumbuh di pantai tersebut, yaitu Pohon Gapang. Pohon Gapang adalah pohon yang menjualang tinggi ke atas dan tumbuh di tepi pantai. Maka tak heran bila kemudian masyarakat sekitar menyebutnya Pantai Gapang. Banyaknya Pohon Gapang di tepi pantai memberikan kesan teduh dan sejuk sehingga membuat wisatawan dapat bersantai dengan nyaman di tepi pantai.

Akses menuju Pantai Gapang dapat ditempuh dengan menaiki kapal cepat dari Pelabuhan Ulee Lheue menuju Pulau Sabang yang memakan waktu sekitar 2 jam. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menaiki kendaraan darat menuju lokasi Pantai Gapang yang telah tersedia. Akses dan akomodasi menuju Pantai Gapang sudah cukup memadahi sebab wisatawan yang datang berkunjung tak hanya dari dalam negeri, namun juga ada yang dari mancanegara.

sumber: google.com
Peta Letak Pantai Gapang

Pantai Gapang menyediakan wisata bahari yang memukau. Dengan keindahan alam bawah lautnya, maka tak heran apabila diving dan snorkeling menjadi menu wajib ketika mengunjungi pantai ini. Dengan airnya yang jernih, para wisatawan dapat melihat indahnya pemandangan bawah laut dengan jelas. Bagi para wisatawan yang hobi memancing, tersedia pula sarana untuk memancing di laut yang dalam. Dari diving, snorkeling, hingga memancing semua peralatan dan akomodasi sudah tersedia melalui jasa sewa. Penginapan-penginapan pun telah tersedia, tentunya dengan fasilitas yang layak dan harga yang terjangkau. Ada pula penginapan di resort, namun tentu saja biayanya lebih mahal.

Berkunjung ke Pantai Gapang tak lengkap rasanya bila belum mencicipi kuliner andalannya yaitu masakan seafood. Untuk buah tangan, terdapat berbagai kerajinan tangan yang terbuat dari batok kelapa dan T-shirt yang sangat sayang untuk dilewatkan.

1 komentar:

  1. Pantai yang sangat cantik untuk dikunjungi, tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain di Indonesia..

    BalasHapus